Wednesday, April 27, 2011

Kabag PTPN IV Kebun Laras: "Kios yang Dibongkar, Ditata Ulang dan Masyarakat Pedagang yang Terdata Baik Berhak Menyewa

Penamedia CCS, Simalungun – Ratusan lapak kios yang berada diatas lahan PTPN IV kebun laras tepatnya di kawasan wisata Karang Anyer, Kecamatan Gunung Maligas di Bumi Habonaron do Bona, Kabupaten Simalungun. Selasa (26/4) sekitar pukul 09.30 WIB dibongkar anggota Satpol PP, membuat sementara kepala keluarga yang berdagang di kawasan wisata pemandian alam Kalang Anyer menghentikan aktifitas usaha dagangnya. Dan warga setempat tidak melakukan aksi protes seperti yang banyak terjadi akhir-akhir ini.

Menurut camat Gunung Maligas, Jawansen Damanik kepada wartawan, semua lapak kios akan dibongkar untuk ditata ulang oleh perkebunan. Karena lahan tersebut adalah lahan milik PTPN 4 Kebun Maligas.

Kabag PTPN 4 Kebun Laras Simalungun Edwin Gultom mengatakan: “Penataan ulang segera diberlakukan. Mereka akan bekerjasama dengan Serikat Pekerja Perkebunan (SPBUN). Selanjutnya akan berhak menyewa lapak kios-kios yang sudah dibangun itu dan semua para pedagang yang terdata dengan baik, sama-sama berhak menyewa” ujarnya.

Disisi lainnya, menurut pengamat CCS pengadaan lapak dagangan bangunan baru tersebut sangat tepat. Tetapi, pembangunannya perlu dipercepat sedini mungkin untuk membantu wisata lokal dan para pedagang. Begitu juga sewanya dapat terjangkau karena terlebih kepada pedagang ekonomi lemah dan para pedagang pun nantinya harus dapat mengimbanginya dengan menjual barang dagangan yang setimpal, serta tidak mencekik leher. (007)

0 comments:

Post a Comment