Wednesday, April 27, 2011

"Sarapan Tepat, Tubuh Sehat"

Penamedia. CCS, Medan – Pemilihan jenis sarapan yang tepat sangat penting dalam mempengaruhi kesehatan tubuh seseorang. Pilihlah jenis makanan yang memiliki kadar glycemic index (Gl) yang rendah saat makan pagi atau sebagai cemilan.

Tak peduli seberapa sibuknya anda, sarapan atau makan pagi banyak memberikan manfaat bagi tubuh. Mungkin tak banyak orang menyadari bahwa sarapan adalah salah satu rahasia untuk menjaga kesehatan. Fungsi sarapan, diantaranya memberikan modal energi kepada anda untuk beraktivitas sepanjang hari. Anda tidak akan merasa lesu atau disibukkan oleh perut kelaparan. Namun, untuk mendapatkan sarapan yang efektif perlu diketahui jurus 3J yakni Jadwal, Jenis dan Jumlah.

Jadawal berarti sarapan merupakan salah satu waktu makan pagi hari yang tidak boleh dilewatkan, sama dengan pentingnya makan siang dan makan malam. Idealnya, dilakukan setelah satu jam setelah bangun tidur karena pada waktu itu metabolisme tubuh paling mendukung. Sementara jenis adalah variasi makanan yang akan dikonsumsi. Pola makan yang baik harus memenuhi konsep gizi seimbang dengan mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral sesuai dengan kebutuhan manusia.

Sementara jumlah mengacu pada beberapa banyak makanan yang dihabiskan–dikonsumsi setiap orang berbeda-beda bergantung pada kondisi fisiologi tubuh dan aktivitas sehari-hari,” kata ahli teknologi pangan dan gizi dari Institut Pertanian, Bogor (IPB) Prof Dr. Ir. Made Astawan. (007)

0 comments:

Post a Comment