Monday, October 18, 2010

Ulang Tahun Kesatuan Bangso Batak Sedunia Berlangsung Hikmat dan Meriah



Medan (Penamedia CCS)
Setahun sudah berlalu sebagai organisasi yang didirikan untuk keutuhan suku batak yang berdiri berbagai macam sub etnis,seperti sub etnis Nias,Tapanulu Selatan,Tapanuli Tengah ,Tapanuli utara, Simalu ngun ,Karo ,Dairi Pak-pak,Gayo ,Alas,Ujar Prof Janter Siahaan Ketua Umum Bangso Batak Sedunia.
Kita orang batak akan merasa kecil kalau terpecah pecah dan bercerai berai makanya kita harus bersatu.Jika bersatu maka suku-suku lain akan tidak memandang remeh pada orang batak.
Orang batak tersebar diseluruh Indonesia,bahkan diseluh dunia ,ada.Kita ada di sedny (Australia), Bremen (Jerman),Captown (Afrika Selatan ),Singapura ,Malaysia ,India,Amerika,Taiwan,Cina,dan banyak Negara lainya . Kenapa kita tak bersatu, apa kita takut barsatu atau kita takut dibilang orang batak. Jangan karena perbedaan agama kita berpecah-pecah ,karena agama tidak menjadikan kita bukan orang batak ,karena agamalah mempereratkan kita semua.

Lihat orang gayor,alas, singkil,dipropinsi Nangro Aceh Darusalam mereka tidak diakui orang acaeh sebagai suku aceh dan mereka terjepiot disana,tapi setelah mereka mengakui bahwa mereka sebagai orang batak,yakni batak Alas,batak gayor ,batak singkil ,suku aceh menjadi segan ,dan mulai memperhitungkan mereka disana . Malah suku Aceh mulai merangkul mereka.

Ulang tahun kali ini ujar Prof Janter Siahaan di isi seminar sehari yang dilakukan di gedung martabe dikantor Gubernur Sumatera Utara yang isinya membahas,tentang orang batak asal muasalnya ,tentang tulisan batak,dan sepak terjang orang batak selama ini.yang pembicaranya kita dating kan dari Jakarta dan dari Medan.Agar dapat mengangkat martabat orang batak ujar Prof Janter Siahan
Serta kita juga melakukan perlombaan pokal grup yang hadiah utamanya sebuah sepeda motor dari Bupati Langkat Drs H Gosesa Sitepu yang akan diserahkan besok di taman budaya jalan Jati Medan.
Saya sangat berharap seluruh yang merasa dirinya orang batak mau membesarkan bangso batak ini agar k8ita kedepan dapat lebih maju dan berkembang Horas.(Barat)

1 comments:

  1. orang Batak memang hebat, tapi sayangnya banyak etnis batak tidak mau mengaku Batak... padahal batak itu keren ... harus mau bersatu walau berbeda agama.

    coba lihat orang dayak, sangat banyak etnisnya, berbeda-beda agama tetapi mereka tetap mengaku sebagai orang dayak.

    ReplyDelete