Thursday, January 27, 2011

Manatap hu Lobei Makkawah hu Pudi ( Memandang Kedepan dan Melihat Kebelakang)


Medan, Penamedia CCS - Partuha Maujana Simalungun DPC PSM Kota Medan, saat itu Ketuanya Drs. Alexsius Purba, yang kini menjadi Ketua DPP Partuha Maujana Simalungun yang berpusat di Medan.

Pada 7 Mei 2010 bertempat di Tiara Convention Hall Medan menggelar malam pesona Budaya Simalungun dengan tema :" Manatap Hu Lobei Makkawah Hu Pudi" (memandang kedepan dan melihat kebelakang. Acara Budaya Simalungun tersebut berjalan sukses dan meriah yang dibawakan para penyanyi Simalungun seperti Sarudin Saragih, Domma Silalahi, Jhon Eilyaman Saragih, Lamser Girsang, serta penyanyi Ibu Kota Edy Silitonga dan lain-lain. Dan tampak saat itu mengenakan Gotong Simalungun Alexius Purba,turut hadir tamu dari Jakarta J. Saragih Simarmata, Balon Calon Wakil Bupati Simalungun yang berpasangan dengan Zulkarnaen Damanik saat itu.

Acara kebudayaan Simalungun tersebut dipertontonkan dengan mantap dan sesekali diselangselingi pemberian Hio Pamotting kepada Ajib Syah yang saat itu salah satu Balon calon Walikota Medan yang berpasangan dengan Binsar Situmorang.

Yang menariknya saat itu menurut para atlet catur senior masyarakat Simalungun yang hadir seperti K. Purba, J. Girsang kepada Penamedia CCS mengatakan, adalah temanya yang berbunyi Manatap hu Lobei Makkawah hu Pudi, namun tema ini seharusnya dapat dipertahankan, umpamanya ada pecatur saya sama-sama bertanding di satu kompetisi perlombaan tentu saya tidak berani hanya menatap kedepan, kan harus melihat kebelakang karena pecatur yang sama juga ikut berkompetisi. Disinilah kita terkadang disebut kesalahan yang tidak disengaja namun berakibat fatal, akibatnya alampun ikut memproses sebelum dinilai masyarakat sendiri.

Disisi yang lain menurut Girsang, kalau kita buka situs raja-raja dulu, catur pun termasuk bagian kebudayaan Simalungun karena apabila ada raja mengunjungi salah satu raja tamunya selalu diajak lebih dulu bermain catur di salah satu halaman lebar, buktinya tippa (pion) sampai sekatang masih tersimpan di Museum Simalungun Siantar dan etnis masyarakat Simalungun terangkat dalam olah raga otak ini dapat sejajar dengan etnis batak toba dan batak karo, kalau di karo ada pecaturnya Monang Sinulingga, Cerdas Barus, Thomas Ginting, dari simalungun juga ada seperti MN. David Purba, MN. Pokan Damanik, MN. Kaman Saragih, di etnis batak toba ada Rudin Simatupang, Salor Sitanggang, Kasmir Hutapea. 007





Catur 007 : Praya terkenal gudangnya penyanyi Simalungun, apa salahnya diciptakan lagu Partuha Maujana Simalungun Nahun Raya. he...he...he...

0 comments:

Post a Comment